recent posts

banner image

7 Tips Supaya Olahan Cumi Anda Tidak Alot dan Amis



Halo Apakabar Sahabat Kumpulan Resep? Bagi para pecinta seafood olahan cumi mungkin yang cukup banyak pengemarnya. Namun, tahukah anda dalam memngolah cumi agar menjadi empuk dan tidak amis memang sedikit tricky atau gampang gampang susah. 

Cumi adalah salah satu bahan makanan yang sensitif, karena itu dibutuhkan pengolahan yang tepat agar hasilnya sempurna. Cumi memiliki tekstur sangat kenyal, sehingga dibutuhkan cara memasak cumi yang tepat agar bisa disantap dengan nikmat. Jika cumi diolah terlalu matang, cumi akan alot. Namun, jika dimasak terlalu sebentar, aroma amisnya bakal sangat terasa. Nahh kan!!

Tetapi jika cara pengolahannya tepat maka cumi akan menjadi hidangan yang mempesona di lidah kita. Berikut 7 Tips agar olahan cumi anda bisa empuk dan tidak amis..


1. Rendam Dengan Parutan Jahe dan Perasan Jeruk Nipis.

Untuk bisa menghilangkan bau amis yang ada pada cumi-cumi, Anda bisa merendam cumi-cumi dengan perasan jeruk nipis dan parutan jahe. Lumuri cumi-cumi dengan dua bahan ini kemudian marinasi selama 30 menit. Baru setelah itu dicuci bersih. Bila Anda tidak ada jeruk nipis, Kamu bisa menggantinya dengan asam Jawa.


2. Pastikan Cuci Dengan Benar

Mencuci cumi-cumi dengan benar adalah hal yang wajib diperhatikan. Ini penting untuk menghilangkan bau amis pada seafood ini.

Untuk membersihkannya, Anda wajib mengambil kantong tinta pada bagian dalam kemudian bersihkanlah secara hati-hati. Setelah itu, ambil tulang bagian dalam cumi-cumi. Kupas bagian kulit ari dengan pisau agar tampilannya bersih. Bila sudah, cuci cumi-cumi dengan air mengalir.


3. Perhatikan Ukuran Cumi-cumi

Anda juga harus memperhatikan ukuran cumi yang akan anda olah . jika anda  ingin memasak cumi-cumi dengan metode slow cooking, Anda bisa memotongnya jadi kecil-kecil sekitar 12 sentimeter atau sesui selera. Berat cumi-cumi sekitar 285 gram biasanya merupakan berat yang ideal untuk dimasak dan cepat empuk.


4. Perhatikan Durasi Memasak dan Besar Api

Kunci utama memasak olahan Cumi-cumi adalah durasi dalam memasaknya. Untuk itu wajib sekali bagi anda untuk memperhatikan durasi memasak cumi-cumi karena hal ini akan mempengaruhi teksturnya. Yang perlu diingat, pastikan memasak cumi-cumi dengan suhu tinggi-cepat atau rendah-lambat. Jika memasak dengan suhu sedang, biasanya tekstur cumi jadi alot.

Untuk durasi memasaknya pun cumi-cumi membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit. Bila lebih dari ini, dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk bisa empuk lagi.


5. Teknik Rebus : Rebus Selama 1 Menit

Bila anda ingin menggunakan teknik marinasi, lakukan dengan metode blanching. Anda bisa merebus cumi-cumi bersih ke dalam panci berisi air mendidih selama 1 menit saja.

Bila sudah, angkat kemudian masukkan air es supaya proses masak berhenti. Kemudian, Anda  bisa melakukan marinasi dengan bumbu favorit.

Apa bila Anda ingin membuat masakan berkuah, Anda bisa memasukkan cumi-cumi yang sudah direbus tadi saat masakan akan diangkat (beberapa menit sebelum diangkat), baru kemudian disajikan.


6. Teknik Bakar : Bakar Cumi-cumi 2-3 Menit

Membakar cumi-cumi adalah teknik memasak paling simple. Caranya sangat mudah! Anda tinggal membersihkan cumi-cumi dan biarkan bentuknya seperti tabung. Bumbui dengan bumbu marinasi tergantung selera anda. Setelah itu, Anda bisa memanggangnya di atas teflon atau panggangan arang. Panggang selama 2-3 menit saja.


7. Teknik Slow-cooked : Masak Selama 30-60 Menit

Untuk anda yang mau memasak dengan metode slow cooking dan ingin cumi-cuminya tidak alot, jangan khawatir. Anda bisa mencampur cumi-cumi dengan air dan bumbu-bumbu sesuai resep yang tersedia. Setelah itu, masak dengan metode slow cooking selama 30 menit-60 menit sampai cumi-cuminya empuk.



7 Tips Supaya Olahan Cumi Anda Tidak Alot dan Amis 7 Tips Supaya Olahan Cumi Anda Tidak Alot dan Amis Reviewed by Admin on May 06, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.