recent posts

banner image

Perbedaan Cake dengan Roti



Perbedaan Cake dan Roti Cake dan Roti pasti kita sudah sangat sering mendengarnya. Dengan makin banyaknya toko yang menjual kedua jenis makanan tersebut. Sering ketika kita memasuki toko untuk membelinya kita asal meminta kepada pelayanya. Kita bilangnya mau beli roti ternyata yang kita beli ternyata jenis cake atau sebaliknya. Hehe. Trus mbak/mas pelayanya senyum-senyum sendiri deh. Nah, biar kita tidak kelihatan kuper dalam dunia cullinary berikut kami jelaskan perbedaan cake dan roti.

Cake

Menurut Wikipedia biasanya disebut kue bolu adalah kue yang berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula. Kue bolu atau cake biasanya deimatangkan dengan cara dipanggang tetapi ada juga yang dikukus, misal : bolu kukus, dan yang lainya.
Sedangkan menurut  U.S Wheat Associats (1983). Cake berasal dari adonan liquid adri bahan utama mentega, margarin, telur, gula pasir, terigu, susu, tbm, dan bahan pelengkap lainya. Sejalan dengan pendapat, Subagjo (1997) cake adalah adonan panggang yang terbuat dari tepung, gula, garam, bahan pengembang, shortening, susu, telur dan bahan penambah aroma.
Sedangkan jenis produk cake meliputi :

Layer Cake
Layer Cake adalah cake dengan bentuk bulat atau kotak yang dibuat menjadi beberapa lapisan seperti sandwich, kemudian lapisan-lapisan tersebut diisi dengan berbagai macam isian dan seluruh permukaan di tutup dengan butter cream, selai, coklat atau bahan lainya. Contoh produk : Layer Devil Cake, Layer Bluberry Cake, Italian Liquer Cake, Sacher Torte Cake dan yang lainya.

Birthday Cake
Birthday Cake adalah cake yang bersasal dari bahan Sponge Cake, atau Butter Cake yang permukaanya ditutup butter cream, pasta almond, atau coklat. Yang kemudian di hias denga bahan lainya. Cake ini biasanya di hidangkan saat acara ulang tahun. Contoh produk : Italian Liquer Cake, Blackforest Cake, Apricot Almond Gateau, Orange Cake dan yang lainya.

Wedding Cake
Wedding Cake sebenarnya mirip dengan Birthday Cake namun lebih banyak kreasi hiasan dan toping diatanya.

Baca Juga : Perbedaan Margarin dan Mentega

Roti

Menurut wikipepia roti adalah makanan berbahan dasar utama dari tepung terigu dan air, yang di fermentasikan dengan ragi atau sering kita sebut yeast.  Serta kandungan proteinya lebih tinggi dibandingkan dengan cake, sehingga roti menjadi makanan pokok di sebgaian besar negara barat.

Sedangkan menurut U.S Wheat Associates (1981) dalam The Book The World of Bread History (2004). Roti adalah olahan produk pangan yang merupakan hasil dari proses pemanggangan adonan yang telah difermentasi terlabih dahulu. Bahan utama dalam pembuatan roti terdiri dari tepung terigu protein tinggi, air, ragi (yeast), dan garam. Sedangkan bahan penambah rasa dan pelembut roti seperti gula, susu, lemak dan telur sedangkan ragi dan Bread Improver berfungsi menguatkan gluten dan memperpanjang umur simpan roti.
Sedangkan Produk Roti Meliputi :

Roti Manis
Roti manis adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar adonan roti tetapi ditambahkan berbagai rasa dan aroma yang mempunyai citarasa manis yang menonjol serta ber tekstur empuk (soft) dengan atau tanpa isian. 

Roti Tawar :
Roti tawar adalah jenis roti yang dibuat dengan kandungan gula dan lemak rata-rata dibawah 10% dan bertekstur empuk (soft) berasa tawar dan biasanya di konsumsi dengan menambahkan bahan makanan yang lain atau dibakar terlebih dahulu.

Country Braed
Country Bread atau sering disebut roti Continental adalah roti yang dibuat dengan atau tanpa gula dan margarin didalam resepnya,roti ini bertekstur kulit garing dan renyah  yang terdiri dari 5 bahan utama : Tepung, ragi(yeast, garam, air dan atau tanpa improver. Contoh produk : French Bread, Roll Bread, Vienna dan yang lainya.

Rye Bread
Rey Bread adalah jenis roti bertekstur keras yang terbuat dari tepung rye dengan proses fermantasi yang cukup panjang (12-24 jam) dan biasanya ditambahkan asam dalam adonanya. Roti ini sangat terkanal di negara Jerman dan Italia.

Grain Bread
Grain Bread atau sering disebut Whole Wheat adalah roti yang terbuat dari biji gandum utuh yang digiling atau dari biji-bijian yang lainya seprti oat, barley atau biji bunga matahari.

Jadi intinya ternyata cake dan roti itu memang beda walaupun sedikit mirip tetapi cara pengolahan, bahan, rasa dan bentuknya yang jelas berbeda.

Nah, sekarang kita jadi sedikit tahu tentang perbedaan cake dan roti, jangan sampai salah sebut di toko lagi ya, he.. he.. untung jika pelayannya juga kurang paham. Nah kalo dah paham kan bikin senyum-senyum. Jangan sampai bilang “beli roti ulang tahun” lagi ya. Hehe..

Semoga Bermanfaat...
Artikel : dari berbagai sumber
Foto ilustrasi: google





Perbedaan Cake dengan Roti Perbedaan Cake dengan Roti Reviewed by Admin on December 11, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.