recent posts

banner image

Perbedaan Margarin dan Mentega





Perbedaan Margarin dan Mentega - Ketika kita akan membuat cake atau bakery terkadang masih belum tahu salah satu bahan pembuatnya adalah margarin atau mentega. Saya dulunya berpikir bahwa dua jenis bahan makanan tersebuat adalah sama hanya nama penyebutanya, rasa dan warnaya yang berbeda saja. Sehingga terkadang sering mengunakan bahan yang masih ada didapur untuk mengantikanya.
Ternyata setelah saya sedikit belajar tentang cullinary kedua bahan tersebut berbeda bahan pembuatnya, rasanya dan kegunaanya walaupun kedua bahan tersebut dapat saling mengantikan. Dan berikut ini kami berikan perbedaan kedua bahan tersebut.

Margarin :

Margarin adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan yang di proses melalui hydrogenasi, yang biasanya sering kita sebut lemak nabati. Warna margarin biasany kuning terang. Margarin memiliki tekstur yang lebih kaku daripada mentega, hal ini yang membuat margarin lebih tahan lama dan tidak mudah meleleh bila diletakkan di suhu ruangan. Margarin juga memiliki kandungan yang lemak yang lebih baik daripada lemak jenuh dan kolesterol pada mentega. Margarin mamilik kandungan Vitamin A dan miyak sayur yang mengandung Vitamin E.

Mentega :

Mentega adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak hewan serta ditambahkan air dan garam, atau yang sering kita sebut lemak hewani. Mentega bertekstur sangat lembut sehingga mudah meleleh di suhu raungan. Warna mentega biasanya berwarna kuning pucat. Dikarenakan terbuat dari lemak hewani mentega memiliki kandungan lemak jenuh atau kolesterol yang cukup tinggi. Sedankan kadungan yang terdapat dalam mentega adalah Vitamin A,D,E dan K serta tidak dapat larut dalam air. Mentega mampu memberikan rasa kanyang lebih lama serta memiliki aroma yang lebih tajam.

Nah, sekarang jangan sampai tertukar ya, karena kadungan dan bahan pembuatnya berbeda maka juga akan mempengaruhi tekstur makanan atau kue. Serta menjadi pengetahuan bagi yang alergi bahan tertentu dan sedang dalam program hidup sehat.  Terimakasih 

Semoga Bermanfaat!!!


Perbedaan Margarin dan Mentega Perbedaan Margarin dan Mentega Reviewed by Admin on December 05, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.