recent posts

banner image

Tips Mengetahui Keaslian Madu


Tips Mengetahui Keaslian Madu


Apa sih madu itu ? Madu adalah cairan kental yang menyerupai sirup yang berasa manis yang dihasilkan oleh lebah atau seranga lainya bersal dari nektar bunga. Rasa manis madu dihasilkan dari monosokarida frukosa dan glukosa. 

Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan karena terdapat banyak kandungan  senyawa dan enzim yang bagus untuk kesehatan. Tenapi senyawa tersebut mudah rusak dan hilang apabila cara penyimpanan dan pengolahanya salah. Berikut ini kami berikan tips seputar madu yang perlu anda ketahui :
  • Madu jangan langsung dicampur dengan air panas. Madu memiliki banyak enzim yang akan rusak atau hilang jika terkena suhu tinggi, sehingga manfaatnya hampir tidak ada apabila madu dicampur dengan air panas.
  • Apabila botol wadah madu meletup (berpunyi ‘pup’) ketika dibuka itu menandakan madu kualitasnya kuarang bagus. Kenapa demikian? Karena letupan ini disebabkan adanya gas yang dihasilkan oleh proses fermentasi gula yang bersenyawa dengan zat lainya sehingga menghasilkan gas didalam botol.
  • Madu sebaiknya tidak disimpam didalam kulkas, karena kandungan air yang terdapat didalam madu akan bertambah yang menyebabkan kemurnian madu akan berkurang.
  • Madu asli memiliki berbagai macam warna berdasarkan nektar yang dihisab lebah. Misalnya madu dari bunga kapuk berwarna coklat gelap, madu dari bunga apel berwarna coklat cerah dan sebainya.
  • Nah ini yang penting, bagaimana mengatahui keaslian madu? Untuk mengetahui keaslian madu sediakan segelas air putih, kemudian tuangkan sedikit madu dalam gelas tersebut. Madu asli akan lansung mengendap sedangkan yang telah dicampur gula dan air akan menyebabkan madu larut dalam air, sehingga terlihat bahwa madu palsu langsung bersenyawa (sebagian larut) bersama air sehingga terlihat keruh.

Demikian sedikit tips tentang madu dari kami.
Semoga Bermanfaat!!!

Tips Mengetahui Keaslian Madu Tips Mengetahui Keaslian Madu Reviewed by Admin on November 30, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.