recent posts

banner image

Resep Cara Membuat Kacang Atom atau Kacang Sukro



Kacang Atom atau ada juga yang menyebutnya kacang sukro memang cemilan yang cukup enak. Selain itu kita juga dapat memakanya sebagai tambahan nasi goreng atau bakso heemm. Mantap.
Kita dapat membuat kacang atom sendiri lho.. rasanya yang enak, gurih dan renyah. Walaupun proses pembuatan butuh sedikit kesabarab dan lumayan ribet. Tapi setelah melihat hasilnya pasti puas deh.. berikut bahann dan cara membuatnya :

Bahan :
100 gr kacang tanah
200 gr tapioka/kanji

Bahan Perekat :

150 ml air
3 siung bawang putih
1/2 sdm tapioka/kanji
1 sdt garam
1 sdt gula

Cara membuat :

1. Haluskan bawang putih,gula,garam lalu campur dan aduk rata dengan semua bahan perekat,masak hingga mengental.angkat dan biarkan hangat.

2. Ambil 2 sdm bahan perekat lalu campur rata dengan kacang (mentah).Taburi tepung tapioka secukupnya saja,aduk rata hingga menutupi permukaan kacang.Pisahkan jika ada yang saling menempel.saring/pindahkan kacang yang sudah terbalur tepung ke wadah lain.Prosesnya hampir sama dengan pembuatan kacang telor.

3. Tambahkan lagi secukupnya cairan perekat pada kacang yang sudah berbalur tepung. Aduk rata lalu taburi lagi secukupnya tepung tapioka. Goyangkan wadahnya hingga tidak saling menempel. Saring lagi dan ulangi proses ini 4-5 kali supaya kacang tertutup sempurna.

4. Panaskan minyak dengan api kecil lalu goreng Sukro selama 10 menit,naikan apinya ke sedang, goreng hingga matang dan renyah.

TIPS :


  • Jangan memasukkan sukro ke minyak terlalu panas dengan api sedang/besar karena bisa menyebabkan sukro loncat-loncat😁gunakan api kecil 10 menit pertama,lalu api sedang sampai matang.
  • Sebelum proses penggorengan kedua,lebih baik matikan dulu kompornya tunggu sebentar baru masukan lagi sukronya dan nyalakan dengan api kecil (seperti note diatas)
  • Jika ingin hasilnya rapi dan tertutup sempurna,lakukan penepungan (disini bilangnya di inter/diputar-putar) diwadah yang lebar (tampah) dan lakukan minimal 3-4 kali penepungan.sisa tepung bisa dibikin cireng/cilok


Terimakasih dan selamat berkreasi
Disarikan Dari : Langsungenak
Resep Dari : Bunda Al Fatih
Resep Cara Membuat Kacang Atom atau Kacang Sukro Resep Cara Membuat Kacang Atom atau Kacang Sukro Reviewed by Admin on April 07, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.