recent posts

banner image

MENGENAL JENIS-JENIS PENGEMBANG SERTA PELEMBUT PADA ROTI DAN CAKE




Apakabar Sahabat Kumpulan Resep, ketika kita akan membuat roti atau cake maka akan kita jumpai berbagai Jenis  Pengembang roti,kue dan Cake Emulsifier. Buat sahabat KR  yang hoby membuat cake, kue kering atau roti, tentunya harus mengenal bahan bahan pengembang atau Cake emulsifier untuk membuat hasil akhir yang maksimal dan enak tentunya. Begitu banyak pengembang kue dan cake emulsifier. Bagi pemula tentu harus betul betul mempelajari fungsi dari pengembang kue tersebut, agar tidak salah menambahkan Cake Emulsifier atau pengembang pada saat pembuatan kue atau roti.
Namun kali ini Sahabat KR tidak perlu bingung lagi, sekarang kita akan mengulas 9 Cake Emulsifer dan Pengembang Kue yang bisa Anda gunakan dalam membuat kue. Tentunya dengan begitu Kita akan tahu Cake Emulsifier apa yang harus digunakan sehingga menghasilkan kue yang enak.

Bahan Pengembang Cake/Roti


1 Ragi Instan/Yeast 


Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Ragi Instant atau kita mungkin lebih akrab dengan Fermipan. Iya, fermipan adalah merk ragi instan asal Perancis yang paling sering digunakan oleh baker(pembuat roti) sehingga terkadang sudah seperti menjadi namanya. Kandungan yang terdapat pada ragi adalah mahluk hidup golongan khamir, yaitu saccaromyces cerevisiae.Mikroorganisme bersel satu inilah yang selama proses fermentasi pada adonan roti mengubah karbohidrat menjadi gas karbondioksida. Zat ini yang dapat membuat adonan bakpau, donat, atau roti menjadi mengembang. Hanya bisa digunakan untuk adonan roti ya bunda, bukan untuk cake, atau kue kering.


2. Baking Powder (DOUBLE – AKTING )


Baking powder merupakan bahan pengembang(leavening agent) dan ditambahkan pada pancake, bolu kukus, cake, bolu panggang, dan cup cake. Komposisi kimia dari baking powder merupakan campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga mengandung inert seperti pati. Fungsi berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik.. Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue atau cake.

Baking powder terdiri atas dua jenis yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.

Single-acting baking powder diaktifkan oleh cairan, jadi kamu harus segera memanggang/mengukus adonan segera setelah bahan-bahan dicampurkan jika menggunakan jenis baking powder yang ini karena begitu bertemu dengan adonan akan langsung bereaksi membentuk gelembung gas.

Double-acting baking powder bereaksi dalam dua tahap dan dapat bertahan untuk beberapa saat menunggu adonan di panggang/dikukus. Jadi jika oven/kukusan anda terbatas tempatnya sementara kamu harus memanggang atau mengukus cake dalam jumlah banyak, maka gunakan double-acting baking powder agar kue atau roti kamu tetap mengembang dengan baik meski masih banyak antrian loyang yang harus masuk ke oven.

3. Baking Soda/ Soda Kue


Baling soda Sering disebut juga soda kue. Nama lain Baking soda adalah sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketika dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, dipanggang atau di kukus. Baking soda juga bisa ditambahkan untuk membuat kue kering atau cake.
Baking soda akan Memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori merupakan Fungsi fungsi baking soda dalam cake, dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering, baking soda akan menjadikan kue kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya bubuk berwarna putih. Pengunaannya yaitu ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek dagang di pasaran Baking Soda Koepoe-Koepoe, Arm & Hammer, dan Pesawat Angkasa.

4. Cream of Tar-Tar ( Non Halal ) 


Komposisi cream of tar tar adalah garam potasium (kalium) dari asam tartaric, yang berbentuk powder atau kristal sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acidatau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi Cream of Tar-Tar adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang sempurna. Proses pembuatan Cream of tar-tar dihasilkan dari minuman beralkohol yang direaksikan dengan potassium. Pengunaannya yaitu ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar adalah Koepoe-Koepoe, McKenzie’s, dan McCormuck.



Bahan Pelembut Cake/ Roti


1. Ovalet (Non Halal)


ovalet pada dasarnya bukan bahan pengembang melainkan cake emulsifier atau bisa di bilang pelembut dan pensetabil adonan yang kita buat. Fungsinya agar adonan cake homogen dan tidak mudah turun saat pengkocokan serta adonan bisa tercampur dengan baik. Ovalet mempunyai komposisi mono dan digliserida. Bahan dari ovalet itu sendiri biasanya menggunakan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Kehalalannya masih dipertanyakan. TBM, Ovalet, dan SP bisa saling menggantikan. Biasanyanya dipakai sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya seperti pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek dagang di pasaran yang banyak dipakai yaitu cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.


2. TBM


TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida. Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.

3. SP


Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku.
Sifatnya melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, karena hasil pengocokkan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.

4. Bread Improver


kandungan Di dalam bread improver terdapat penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), emulsifier (surfactant atau lecitchin)dan enzim (Alfa amylase). Salah satu merek dagang Unipan yang cukup terkenal dipasaran

Bahan ini ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti. Roti jadi lebih empuk, lebih lembap, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat, dan memperpanjang daya simpan. Di pasaran dijual dengan salah satu merek dagang Unipan atau Bakerine

5. Shortening


 Shortening  Merupakan salah satu bahan untuk melembutkan cake, atau dikenal juga sebagai mentega putih. Namun jika membuat cake disarankan menggunakan shortening yang mengandung emulsifier supaya mengikat air sehingga tidak terjadi penguapan saat proses pemanggangan.

6. Softener


 Softener merupakan bahan yang berfungsi melembutkan, menghaluskan pori-pori,  serta tekstur cake dan roti. Hal ini juga untuk menghilangkan bau amis dari telur yang dilengkapi dengan aroma buah atau vamili, dan untuk meningkatkan kelembaban cake ketika dipotong. Tersedia 2 bentuk softener kue yaitu bentuk cair, contoh merk diva cake softener atau spontan cake softener, dan bentuk bubuk contoh merek fruit powder dan maraquin.

Demikian penjelasan dari kami tentang berbagai jenis pengembang dan pelembut pada cake dan roti. Semoga bermanfaat yaa. Terimakasih

MENGENAL JENIS-JENIS PENGEMBANG SERTA PELEMBUT PADA ROTI DAN CAKE MENGENAL JENIS-JENIS PENGEMBANG SERTA PELEMBUT PADA ROTI DAN CAKE Reviewed by Admin on September 02, 2019 Rating: 5
Powered by Blogger.