recent posts

banner image

Tips : Cara Menyimpan Daging Tetap Awet dan Segar

Tips Menyimpan Daging

Halo Apa Kabar sahabat Kumpulan resep? Sebentar lagi kita akan memasuki  momen Idul Adha, pastinya persediaan daging akan berlebih dari pemberian daging Qurban.  Nah salah satu masalah yang sering kita hadapi pada momen ini adalah bagaimana cara menyimpan daging agar taham lama dan tetap aman untuk di komsumsi. Nah berikut ini kami berikan Tips menyimpan nya yaa :

1. Jangan biarkan daging terlalu lama di suhu ruangan karena menyebabkan berkembangnya bakteri pembusuk. Langsung pisahkan daging yang mau dimasak hari itu dengan yang mau disimpan. Pisahkan juga daging sesui jenisnya dengan tempat yang berbeda misal daging sapi, kambing.

2. Jangan cuci daging mengunakan air, jika ada bagian daging yang kotor cukup bersihkan dengan mengunakan tangan atau potong bagian yang kotor. Karena dengan kita mencuci daging maka akan menambah jumlah bakteri (dari air) pada daging yang menyebabkan mempercepat proses
pembusukan dan menyembabkan daging bau.

3. Sebaiknya potong-potong daging menjadi kecil kemudain menyimpan dalam freezer dengan wadah menjadi beberapa bagian untuk digunakan sekali pakai.

4. Gunakan wadah khusus penyimpanan daging, seperti  boks plastik bertutup rapat atau mengunakan plastik transparan yang agak tebal. Hindari mengunakan plastik kresek apalagi yang berwarna hitam.

5. Simpan dalam freezer. Daging di dalam kulkas dengan suhu tidaklebih dari 5 derajat Celcius dapat bertahan sepekan.
Jika suhu diatas 10 derajat Celcius maka daging hanya akan bertahan selama tiga hari.
Sedangkan didalam freezer dengan suhu dibawah 10 derajat Celcius akan bertahan hingga 1-3 bulan.
Sahabat kumpulan resep itulah beberapa tips menyimpan daging supaya tetap awet. Lalu bagai mana cara mencairkan daging beku tersebut/ berikut kami berikan caranya untuk anda :

Cara Mencairkan Daging Beku

Masukkan daging kedalam microwave, tunggu daging kembali ke kondisi normal.
Rendam (dengan wadahnya) dengan mengunakan air suhu normal, ganti air saat suhunya sudah dingin. Merendamnya dengan air hangat memang lebih cepat, tetapi  bisa membuat tektur daging lebih kering
Pindahkan keruang kulkas dari freezer, tunggu sampai 12-24 jam. Proses ini memang paling lama namun hasilnya paling bagus untuk mengembalikan rasa dan tekstur dari daging.

Cara Mengempukkan dan Menghilangkan Bau Prengus pada Daging

Potong kecil kecil daging tanpa dicuci terlebih dahulu. Balut daging mengunakan daun pepaya, diamkan sekitar 1 jam maka enzin yang terdapat dalam daun pepaya akan membantu menghilangkan bau prengus dan membantu melembutkan serat daging.

Potong daging , kemudian siram dengan mengunakan air nanas muda sekitar 2-4 menit saja. Pilih buah nanas yang masih berwarna hijau.

Baik!!! Itulah beberapa resep dan tips dari kami tentang cara menyimpan daging. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat Masak

Tips Memilih Daging Kambing dan Cara Pengolahan

Tips : Cara Menyimpan Daging Tetap Awet dan Segar Tips : Cara Menyimpan Daging Tetap Awet dan Segar Reviewed by Admin on August 02, 2019 Rating: 5
Powered by Blogger.