recent posts

banner image

Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian

Kumpulan Resep - Cara membuat gluten bagi seorang vegetarian mungkin sudah banyak yang tahu, namun bagi yang masih awam pastinya belum begitu paham. Sedangkan pengertian gluten atau sering juga disebut daging vegan adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Bagi seoarang vegetarian gluten berfungsi sebagai penganti protein dari daging, yang mana gluten memang berbentuk kenyal dan bercitarasa mirip dengan daging.

Gluten sering menjadi alternatif seorang vegetarian yang tetap ingin merasakan lauk daging, tanpa harus melanggar aturan sebagai seoarang vegetarian. Karena dengan gluten kita dapat mengolahnya layaknya daging yang dapat dimasak sate, rendang, soto, rawon dan yang lainya.

Dalam proses pembuatan gluten sebenarnya tidak terlalu sulit dan bahanya pun sangat sederhana. Kita hanya memerlukan beberapa bahan untuk membuatnya. Dan berikut ini kami berikan cara membuat gluten yang praktis buat anda.
Gluten 

Bahan : 

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi (merk cakra atau yang lainya)
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 250 ml air
  • 1500 ml air untuk merebus

Cara Membuat :

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah stainles, kemudian aduk dan masukkan air sedikit demi sedikit, uleni terus sampai benar-benar kalis sampai seperti adonan ketika kita membuat roti. 
  2. Bulatkan adonan kemudian taruh di wadah, tuangkan air kedalam wadah hingga adonan terendam semua, biarkan sampai sekitar 6-7 jam.
  3. Setelah adonan di rendam sekitar 7 jam, cuci dengan air yang mengalir, lakukan berulang-ulang sampai adonan terlihat bening dan bersih. Sisihkan 
  4. Rebus air dalam panci kemudian masukkan daun salam, kecap asin dan garam, biarkan sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan adonan gluten, masak sampai mengeras dan matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Gluten siap digunakan untuk masakan anda.

Namun perlu kami tambahkan sedikit saran dari kami, ada sebagaian orang yang alergi dengan mengonsumsi gluten ini seperti gejala gatal, batuk, timbul ruam di kulit dan diare. Ini dikarenakan antibodi pada tubuh kita yang bernama IgE, bereaksi terhadap gluten yang diangap sebagi benda asing allergen. Gluten juga tidak disarankan untuk (maaf) penderita autis, karena bagi penderita autis terdapat kelainan pada usus yang sulit untuk mencerna gluten. Saran dari kami sebelum anda mengonsumsi makanan dari bahan gluten cek dulu apakah anda alergi terhadap gluten. Demikian artikel dari kami tentang cara membuat gluten dan pantanganya.

Semoga Bermanfaat ...


Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian Reviewed by Admin on January 22, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.